Avascular Necrosis, Penyakit yang Berkaitan Dengan Sendi

Avascular necrosis adalah suatu kondisi di mana jaringan tulang menjadi mati karena kekurangan darah, kondisi ini menghasilkan kerusakan tulang dan bahkan kehancuran tulang. Avascular necrosis juga disebut juga dengan nama osteonecrosis, aseptic necrosis, atau ischemic bone necrosis.

Avascular necrosis adalah suatu kondisi dari jaringan tulang yang mati yang disebabkan oleh kurangnya pasokan darah. Di tahap awal, umumnya avascular necrosis tidak menimbulkan gejala. Seiring berjalannya waktu, rasa nyeri saat bergerak akan terjadi karena sendi yang mengalami pengaruh. Lalu sendi akan terasa nyeri meskipun penderita hanya berbaring. Rasa nyeri yang terasa terkadang ringan bahkan berat. Rasa nyeri akan terasa berat pada sendi yang menahan berat badan tubuh misalnya sendi di daerah bokong atau pangkat paha. Nyeri juga bisa dialami di bagian lutu, bahu, kaki dan tangan.

Gejala yang mungkin tidak terlihat pada tahap awal terjadinya penyakit ini. Tetapi seiring berjalannya waktu dan proses terjadinya, rasa nyeri dan sakit akan mulai terjadi. Di awal terjadinya penyakit ini, rasa sakit hanya dirasakan saat menaruh beban di tulang yang bermasalah. Rasa sakit akan terus terjadi secara konstan saat tulag dan sekitarnya menyatu. Pada saat rasa sakit yang terus menerus inilah Anda tidak bisa lagi menggunakan persendian Anda. Misalnya, penyakit avascular necrosis terjadi di pinggul Anda, hal ini menyebabkan Anda tidak bisa berjalan. Kehancuran tulang sepenuhnya akan terjadi setelah 1 bulan sampai 1 tahun sejak gejala pertama terjadi.

READ  Bagaimana Cara Mengobati¬†Atresia Ani?

Penyakit ini bisa disebabkan oleh trauma, misalnya pergeseran sendi yang bisa menghancurkan pembuluh darah. Penumpukan lemak yang ada di pembuluh darah kecil juga bisa membatasi asupan aliran darah ke tulang. Penyebab lain bisa berupa kondisi lain misalnya anemia sel sabit (penyakit Gaucher) serta beberapa pengobatan (radiasi dari pengobatan kanker) bisa berpengaruh pada kelemahan tulang dan kerusakan pembuluh darah. Apabila kondisi ini tidak segera diobati maka avascular necrosis tidak hanya bisa menghancurkan tulang tetapi juga bisa menyebabkan terjaddinya arthritis yang parah.

Seseorang yang mengalami penyakit ini dikarenakan beberapa faktor resiko yang meningkatkan terjadinya penyakit ini. Beberapa faktor resiko tersebut yaitu :

  • Kadar kolesterol
  • Konsumsi alkohol
  • Penggunaan steroid
READ  Beberapa faktor resiko terjadinya penyakit stroke

Diagnosis avascular necrosis bisa dilakukan dengan pemeriksaan fisik dan beberapa tes misalnya X-rays, MRI, CT scan dan ronsen tulang. Dengan melakukan tes atau pemeriksaan tersebut, Anda bisa mendeteksi diri apakah mengalami penyakit ini atau tidak. Setelah diagnosis dilakukan tindakan pengobatan bisa dilakukan meskipun tidak bisa mengembalikan kondisi tulang seperti sebelumnya. Namun, pengobatan bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan tulang lebih lanjut. Hal ini tergantung pada tingkat keparahan tulang Anda. Sebelum Anda melakukan pengobatan, dokter akan menentukan pengobatan apa yang tepat sesuai yang Anda butuhkan. Beberapa pilihan pengobatan itu misalnya :

  • Pengobatan untuk meredakan rasa sakit dan memperlambat proses, misalnya mengurangi hambatan di pembuluh darah
  • Terapi fisik : merawat keluwesan sendi
  • Operasi: transplantasi tulang, pembentukan tulang, penggantian sendi, dan lainnya.
READ  Gejala Auditory Processing Disorder yang Harus Anda Perhatikan

Pengobatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah yaitu berupa perubahan gaya hidup. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi faktor resiko untuk mengalami penyakit ini dengan cara mengontrol kadar kolesterol. Cara ini dilakukan agar keberadaan lemak tidak menghambat aliran darah. Anda juga bisa membatasi konsumsi alkohol karena seseorang yang minum alkohol dalam jumlah banyak akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit ini. Hal ini sama dengan penggunaan steroid yang bisa berkaitan dengan kerusakan tulang karena dosis tinggi.

 

Sumber :

www.hellosehat.com

www.alodokter.com

Radiopaedia.org