Simak Cara Mengobati Auditory Processing Disorder Berikut

Auditory processing disorder (APD) adalah gangguan proses mendengar yang belum bisa diobati. Tetapi, kondisi ini bisa diatasi dengan penanganan yang tepat. Memberikanan penanganan yang tepat bisa mengasah kemampuan mendengar pasien sehingga hal ini akan membangun kemampuan berkomunikasi yang baik. Seorang anak baru bisa memiliki kemampuan berkomunikasi yang sempurna hingga memasuki usia 15 tahun, sehingga sebelum mencapai usia tersebut, kemampuan mendengarnya masih belum sempurna. Dalam rentang waktu tersebut, adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kemampuan mendengar selama proses sistem pendengaran terus berkembang.

Sebagai orang tua, mengarahkan anak pada hal – hal yang baik adalah sebuah keharusan. Cara yang bisa dilakukan sebagai cara mengobati auditory processing disorder adalah memberikan latihan mendengar misalnya pengenalan suara, mencari sumber suara serta membiasakan diri berkonsentrasi di satu titik suara yang ada di sekitar kebisingan. Anak juga bisa ddilatih untuk meningkatkan kemampuan lain misalnya kemampuan mengingat dan memecahkan masalah.

READ  Apa Itu Penyakit Atresia Ani?

Sedangkan bagi seorang anak yang mengalami kesulitan berbicara, Anda bisa mengarahkan pada terapi bicara yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Cara ini juga bisa diterapkan bagi anak yang mempunyai kendala dalam membaca. Hal – hal teknis lain yang bisa juga dilakukan untuk memudahkan proses pengobatan misalnya duduk di barisan depan ketika guru mengajar, meminimalkan seluruh suara yang bisa menimbulkan bising contohnya TV, kipas angin atau radio. Anda juga bisa menggunakan bantuan alat seperti frequency modulation yang merupakan alat pengeras suara yang tersambung dengan telinga pasien.

Hal yang paling penting dari cara mengobati auditory processing disorder yaitu memberikan dukungan yang terus menerus pada anak. Sebaiknya Anda tidak mengajak mereka untuk berbicara cepat, kurang jelas dan panjang. Anda harus membuka mulut dengan baik ketika berbicara sehingga artikulasi menjadi jelas dan alat bantu visual seperti gambar dalam menjelaskan suatu hal bisa dipilih apabila dibutuhkan. Teruslah mengulang suatu informasi hingga anak Anda benar – benar memahami apa dan bagaimana maksud dari pembicaraan. Penderita auditory processing disorder bisa hidup normal seperti anak lainnya dan mempunyai prestasi seperti anak lainnya apabila lingkungan sekitarnya mendukung dan terapi dilakukan sejak dini.

READ  Gejala Auditory Processing Disorder yang Harus Anda Perhatikan

Karena belum ada obat yang bisa menyembuhkan gangguan ini, maka beberapa langkah berikut bisa dilakukan :

  • Mengurangi suara latar yang terlalu berisik dan mengganggu baik di sekolah dan di rumah
  • Mengajak berkomunikasi dengan bahasa yang sederhana dan ekspresif
  • Meminta anak Anda untuk mengulangi kembali petunjuk dan perintah yang diberikan dan minta dia untuk mengulangi perintah tersebut secara keras sampai perintah tersebut terselesaikan
  • Mintalah dia untuk menatap mata Anda saat sedang berbicara
  • Berbicara dengan kecepatan yang rendah dan sedikit keras
  • Membuat tempat dan suasana belajar yang tenang
  • Mendorong anak untuk memiliki kebiasaan tidur dan baik yang baik
  • Membangun rasa percaya diri yang baik
  • Menyuruh pekerjaan rutin dan realistis misalnya membersihkan kamar mandi dan meja belajar
READ  Beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan

Langkah sederhana di atas bisa dilakukan sebagai cara mengobati auditory processing disorder. Selain itu, kasih sayang yang diberikan oleh orang tua dan keluarga sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Beri tahu dia bahwa Anda dan keluarga sangat menyayanginya tidak peduli bagaimanapun kondisi yang sedang dialami saat ini. Dengan begitu, anak Anda akan termotivasi dan semangat dalam menjalani harinya. Lambat laun, kemampuannya dalam berbicara dan mendengar akan semakin baik. Selain itu, rasa percaya diri juga semakin besar sehingga keinginan untuk berprestasi mulai muncul.

 

Sumber :

www.kumparan.com

www.hellosehat.com

Cantik.tempo.co